top of page
Search
  • Writer's pictureThe Cozy Library

Pengalamanku Beli Buku di Kinokuniya Online: Chat n' Booked!

Akhir-akhir ini, aku banyak menaruh minat pada budaya dan bahasa Jepang. Nah, tiba-tiba terpikir: kenapa enggak coba baca manga Jepang asli? Lagipula, aku memang suka baca manga. Lewat ide itulah, akhirnya aku coba mencari buku berbahasa Jepang asli di Indonesia.



Kalau membicarakan buku berbahasa Jepang, toko buku yang langsung terpikir di benakku ya Kinokuniya. Siapa lagi sih yang menjual buku berbahasa Jepang asli selain toko buku asal Jepang ini? Jujur nih, aku belum pernah mengunjungi gerai Kinokuniya karena tidak berdomisili di Jakarta. Beli online pun belum pernah, karena beberapa harga buku berbahasa Inggris memang lebih mahal di Kinokuniya daripada toko buku impor sebelah.


Akhirnya, bermodal situs pencarian dan review di berbagai blog, aku coba mencari tahu cara beli buku secara online di Kinokuniya. Toko buku ini sebenarnya punya website, tapi sayang sekali, koleksinya tidak lengkap. Beberapa tulisan di website menyarankan untuk membeli dari gerai Kinokuniya di iLotte atau Tokopedia. Tapi, buku Yotsubato volume 15 yang kucari juga tidak ada di sana.


Kemudian, aku coba mencari kontak Kinokuniya, karena siapa tahu bisa beli lewat Whatsapp. Beberapa toko buku memiliki fitur tersebut, jadi kupikir, mungkin Kinokuniya juga punya. Nah, ternyata memang ada! Setelah membaca beberapa unggahan Instagramnya, Kinokuniya punya layanan Chat n' Booked yang bisa dipilih berdasarkan lokasi toko. Untuk mengakses nomor Whatsapp-nya, kamu bisa klik link di bio Instagram mereka, @kinokuniya_id.


Tanpa tahu apa-apa soal gerainya, aku akhirnya memilih Kinokuniya cabang Plaza Senayan. Setelah chat menanyakan tentang ketersediaan buku, akhirnya aku tidur karena memang aku menanyakan di waktu dini hari dengan harapan besok pagi sudah dibalas. Sesuai harapan, layanan Chat n' Booked Kinokuniya ini balasnya super cepat! Jujur aku tidak menyangka dibalas secepat itu karena layanan Whatsapp toko buku biasanya memang penuh. Pegawai yang membalas pun mengirimkan foto bukunya untuk konfirmasi. Harga komiknya lumayan mahal, yakni Rp 190.000. Karena masih ragu, akhirnya aku bilang akan mengabari kalau jadi beli.



Sekitar dua jam kemudian, pegawainya kembali menanyakan lewat chat! Aku tidak menyangka akan ditanya lagi, karena biasanya memang tidak ditanya balik soal jadi atau tidaknya membeli buku. Karena memang ingin membaca, akhirnya aku beli bukunya dengan tambahan ongkir Rp 13.600.


Harga komik Jepangnya memang lumayan mahal. Ditambah lagi, tidak ada layanan Shopee sehingga sulit mendapatkan gratis ongkir. Tapi, bukunya dijamin original. Ditambah lagi, packing-nya bagus banget! Waktu paketnya datang, aku kaget karena walau hanya beli satu komik, tapi dibungkus bubble wrap dan kardus. Aman banget, kan? Video unboxing paket dari Kinokuniya aku cantumkan di bawah yaa.


Overall, aku puas banget dengan layanan online Kinokuniya. Balasnya cepat, kirimnya pun cepat dan aman. Gimana nih, friends, sudah pernah coba belanja buku lewat layanan Kinokuniya Chat n' Booked? Comment pendapatmu di bawah, ya!




52 views0 comments
bottom of page